Senin, 04 Oktober 2010

Usaha Perlu Modal ?

Pertanyaan kebanyakan calon-calon wirausahawan adalah bagaimana saya bisa memulai wirausaha jika saya tidak punya modal? Atau saya hanya memiliki modal yang sedikit tetapi usaha saya perlu modal yang banyak, terus bagaimana?
 
Saat ini setidaknya tercatat 625 ribu sarjana menganggur di Indonesia, angka tersebut menunjukkan betapa timpangnya permintaan pekerjaan dan ketersediaan lapangan kerja. Ini juga merupakan alasan mengapa wirausaha itu sangat didukung di Indonesia belakangan ini. Beberapa contoh: PT Bank Mandiri Tbk menargetkan bisa menggaet pendaftaran 3.600 wirausaha Mandiri tahun ini lewat 11 kantor wilayah Bank Mandiri di seluruh Indonesia, Menkop UKM dalam seminarnya baru-baru ini menantang sarjana-sarjana untuk menjadi wirausahawan pemula dan kementerian koperasi UKM tersebut bersedia membantu jika ada keterbatasan dana.

Kita bisa melihat bahwa bila kita memulai berwirausaha, kita secara tidak langsung membantu menyediakan lapangan pekerjaan dan juga meningkatkan kualitas ekonomi di negara kita tercinta. Apakah kita masih bisa pesimis menghadapi situasi seperti ini, jika kita mengetahui alasan kita berusaha untuk meningkatkan kesejahteraan orang lain dan juga negara kita? 

Modal yang sebenarnya untuk mulai berwirausaha adalah keberanian untuk memulai, ide/konsep bisnis, komitmen, dan doa. Tuhan selalu memberikan ide-ide yang brilian, yang jika dikembangkan dengan baik akan menuai hasil yang luar biasa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar